BSSN Laksanakan Bimbingan Teknis Aplikasi Secure File Encryption

Published by Apriani Wita on

Kominfonews – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengadakan Bimbingan Teknis Aplikasi Secure File Encryption (Selection) versi 3.0 di ruang Pola provinsi Bengkulu, Rabu(30/06). Acara ini dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto. SE,.M.Soc.Sc.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada tiga narasumber dari BSSN RI di Bumi Raflesia, bumi tempat dilahirkannya Ibu Fatmawati Soekarno, Penjahit Bendera Negara Republik Indonesia, Bendera Merah Putih.

Gotri juga menjelaskan bahwa Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah ditetapkan bahwa urusan persandian adalah urusan pemerintah kongruen yang bersifat wajib bagi seluruh pemerintah daerah ditingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dan salah satu fungsi persandian adalah pengamanan informasi di lingkungan pemerintah. Selain itu ada lagi Perpres Nomor 95 Tahun 2018, yang menjelaskan bahwa Sistem Pemerintah yang Berbasis Elektronik (SPBE). Maka sudah menjadi keharusan bagi setiap instansi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk dapat menyelenggarakan sistem pemerintah dalam mode berbasis elektronik.

“Tentunya banyak ancaman dalam sistem elektronik seperti ini. Kebocoran terhadap informasi ini masih dinilai sangat tinggi,” jelasnya.Makanya beliau menyambut baik adanya bantuan perangkat dan aplikasi persandian dari BSSN ini untuk mendukung fungsi Keamanan informasi. Khusunya pada dokumen kedinasan atau informasi yang bersifat terbatas atau informasi yang dikecualikan.

Ditempat yang sama, Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan. SE,. MM menerangkan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya. Kalau bulan yang lalu kita diberi ilmu pengamanan jaringannya, maka pada hari ini lebih lanjut dan mendalam. Kita mengikuti kegiatan pengaman pada data dan file nya.

“Kami juga akan melanjutkan penginstalan terhadap OPD yang telah menjadi pilot project bagi BSSN, dan jika dipandang perlu kami juga akan mengajukan untuk penginstalan aplikasi kepada semua OPD baik di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota,” sambungnya.

Dalam acara ini pihak BSSN juga menyerahkan langsung dongle dan aplikasinya kepada Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto. SE,.M.Soc.Sc. dan selanjutnya diserahkan kepada bapak Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan untuk dilakukan penginstalan.

Setelah dilakukan penginstalan aplikasi, ketiga narasumber dari BSSN RI, yaitu Sulaiman, M Ali Kuncoro dan Ahmad Pajri menjelaskan bagaimana manfaat mekanisme dan sitem kerja dari aplikasi ini, dan ini penting bagi kita selaku penyelenggara negara pemerintahan agar data dan file yang kita sajikan benar benar terjamin securitynya.” Sehingga data ini bisa kita sajikan dan dapat terproteksi dengan maksimal,” jelasnya.

Acara ini diikuti oleh masing masing admin yang ada di OPD Pemerintah Provinsi Bengkulu dan juga diikuti secara Virtual oleh dinas Kominfo yang ada do kabupaten kota. (timmedsos)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + fifteen =