Rakor Pengelola Data Statistik Sektoral Wujudkan Bengkulu Satu Data

Published by Diskominfotik Team on

 

Kominfonews- Data merupakan modal utama keberhasilan perencanaan pembangunan suatu daerah. Data memiliki fungsi yang sangat penting bagi kinerja dan kelancaran kerja terutama instansi pemerintah. Penyusunan data yang baik sangat dibutuhkan agar dapat membantu para pimpinan daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun rencana kerja dan mengambil keputusan, terutama dalam pembangunan daerah Provinsi Bengkulu.

“Statistik sektoral merupakan statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu yaitu pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan daerah. Sesuai peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 9 Tahun 2018 tentang Sistem Satu Data Untuk Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu, setiap perangkat daerah/OPD wajib mengelola data secara lengkap, aktual, valid dan akuntabel, dan menyampaikan data tersebut setiap bulan pada minggu ke 2 (dua) ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu sebagai koordinator pengelolaan dan analisis data statistik sektoral,” Tegas Kepala Dinas Komunikasi Informatika, dan Statistik Provinsi Bengkulu Eddy Prawisnu, SH,.M.Hum, di Ruang Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (17/4).

Selain bertujuan menyamakan persepsi tentang pengelolaan data statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu Rapat Koordinasi ini juga mensosialisasikan peraturan Gubernur No. 9 Tahun 2018 tentang sistem satu data pembangunan Provinsi Bengkulu.

“Dengan terbitnya Peraturan Gubernur tentang Sistem Satu Data Untuk Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu diharapkan dapat mempermudah Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu dalam  menghimpun data sektoral yang ada di setiap OPD sehingga data sektoral yang dihasilkan oleh Pemda Provinsi Bengkulu selalu up to date, akurat, mutakhir, terintegrasi lengkap dan handal,” Harap Ketua Rapat Koordinasi Pengelola Data Statistik Sektoral Provinsi Bengkulu Dede Kusyana,S.Pd.MM.

Kegiatan Rakor ini dihadiri 40 orang perwakilan dari OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, dalam kesempatan ini juga disampaikan pemaparan dari  Kepala Bidang Integrasi Pengelolaan dan Diseminasi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu Endang Trisilowati,S.Si,M.Si tentang Sistem Statistik Nasional dan Sistem Satu Data.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 4 =