ASN Pengelola Informasi Publik Dituntut Perkuat Kompetensi

Published by Team Diskominfotik on

Kominfonews -Menyikapi pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi serta seiring dengan begitu massifnya perkembangan era digital sekarang yang disebut juga flowability/uncertainty era, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Urusan Pemerintah Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik. Perdana di tahun 2018 ini, Provinsi Bengkulu dipercaya sebagai tuan rumah pelaksana.

Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengatakan, adanya bimtek ini memberikan pemahaman lebih baik kepada ASN yang bertugas terkait pengelolaan informasi publik. Sehingga ASN dimaksud bisa menjadi jembatan antara pemerintah dan media massa dalam memberikan informasi pembangunan yang berimbang.

“Kominfo inilah yang menjadi corong pemerintah, menyampaikan seluruh aktifitas pemerintahan dan pembangunan termasuk pembinaan kemasyarakatan. Jadi seluruh tugas pemerintahan bisa dikemas dengan baik, tapi tetap objektif dan akurat,” papar Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti usai membuka Bimtek Pelaksanaan Urusan Pemerintah Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik, di Ruang Pertemuan salah satu hotel di Kota Bengkulu, Kamis (29/03).

Selain itu dengan adanya keterbukaan informasi publik tersebut, supaya masyarakat mengetahui apa yang telah dilakakukan pemerintah dan apa yang bisa masyarakat bisa nikmati atas pembangunan yang ada.

“Jadi jangan nanti karena infomasinya keliru dan tidak dikemas dengan baik, justru pembangunan itu berjalan kurang kondusif. Dan terpenting data disampaikan itu benar, tajam dan akurat serta menjadi hal penting untuk mendorong pembangunan dengan baik,” pungkas Nopian Andusti.

Dijelaskan Kasubdit Tata Kelola Komunikasi Publik Helmi Hafid, sesuai dengan tujuannya, bimtek ini memberikan pengetahuan dan kemampuan teknis kepada ASN untuk melaksanakan peraturan perundangan dan peraturan teknis, kepada sumber daya manusia (SDM) bidang pelayanan informasi dan komunikasi publik, termasuk didalamnya insan kehumasan. Perkembangan penyebaran informasi dewasa ini menuntut SDM yang dapat bekerja cepat, tepat dan akurat.

“Untuk itu kita ada disini, melaksanakan bimtek dalam rangka memperkuat pelaksanaan bidang kominfo. Terlebih saat ini infoemasi sangat mudah diakses ditengah kemajuan teknologi,” terangnya.

Data Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (KIP) Kemkominfo, Bimtek Pelaksanaan Urusan Pemerintah Bidang Kominfo ini diikuti oleh 110 peserta dari 7 daerah, diantaranya Provinsi Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Lampung, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Sementara Bimtek yang dilaksanakan mulai 29-30 Maret 2018 ini manghadirkan narasumber dari Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah, Direktorat Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dirjen Kauangan Daerah Kemendagri, Dirjen KIP Kemkominfo serta Diskominfotik Provinsi Bengkulu. (Rian-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 3 =